Sabtu, 06 Februari 2016

Cara Cek Tarif Pengiriman Melalui JNE

Dalam jual beli online, jasa pengiriman menjadi salah satu bagian dari proses ini. Jasa pengiriman yang akan bertugas mengantarkan barang sampai ke konsumen. Hal ini tentunya berhubungan dengan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk jasa pengiriman.

Dari pihak penjual penting untuk mengetahui berapa tarif pasti dari biaya pengiriman karena untuk melakukan penghitungan berapa total yang harus dibebankan kepada konsumennya.

Salah satu jasa pengiriman yang sering digunakan adalah JNE. Maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tips atau bagaimana cara cek tarif prngiriman melalui JNE secara online.

Jika kita melakukan pencarian di internet, maka kita akan mendapatkan banyak website, blog maupun aplikasi yang menyediakan tarrif pengiriman melalui JNE. Namun yang akan saya bahas pada kesempatan kali ini merupakan cara cek tarif dari website resminya JNE dan aplikasi yang disediakan langsung oleh JNE.

Cara Cek Tarif JNE melalui Website :
  • Akses websitenya di jne.co.id
  • Pada menu CHECK OUR TARRIF, isikan kota asal pada form Origin Shipment, isikan kota tujuan pada form Destination Shipment dan isikan beratnya pada form Weight. Lalu klik CHECK. Kemudian ceklist/tandai pada I'm not robot lalu klik lagi CHECK maka akan muncul tarif pengiriman dari yang ekspress sampai yang biasa. Berikut beberapa tips yang harus diperhatikan :
    • Pada form Origin dan Destination pada saat kita mengetikkan tiga huruf awal, secara otomatis akan muncul pilihan kota sesuai yang kita ketikkan, maka kita tinggal memilih kota yang sesuai.
    • Pada form Destination / tujuan, pastikan kamu memasukkan detail kecamatannya karena tarif pengiriman JNE dihitung detail sampai kecamatan. Jadi kalau di alamat ada kecamatan, inputkan kecamatannya jangan hanya kota besarnya saja. Hal ini berkaitan dengan perbedaan biaya kirimnya.
Cara Cek Tarif JNE Melalui Aplikasi :

Untuk memudahkan pengecekan tarif pengiriman bagi konsumennya, JNE menyediakan aplikasi mobile atau aplikasi untuk smartphone. Dengan adanya aplikasi ini, untuk cek tarif lebih mudah dan lebih praktis. Cek tarif dalam satu genggaman dan bisa dibawa kemana-mana.
  • Download aplikasinya di Playstore, App World atau I Tunes. Nama aplikasinya JNE - Express Across Nations. Atau baru - baru ini JNE juga meluncurkan aplikasi baru yang lebih fresh yang diberi nama My JNE(Baca : Aplikasi My JNE Sudah Diluncurkan). Keduanya bisa dimanfaatkan untuk cek tarif pengiriman.
  • Tidak jauh berbeda dengan cek tarif diwebsite, di aplikasi kamu tinggal menuju menu Check Our Tarrif. Masukkan kota asal, kota tujuan dan beratnya dan tekan Search/Check maka akan muncul hasil pencariannya.
  • Pastikan ya kota tujuannya detail sampai kecamatannya.
Itu merupakan cara cek tarif pengiriman JNE melalui website dan aplikasi yang disediakan langsung oleh JNE.
Seperti yang telah saya sampaikan di atas, jika kita melakukan pencarian di internet maka akan kita temukan banyak blog, website dan aplikasi untuk cek tarif JNE yang buat pihak diluar JNE. Jika kamu ingin menjadikan salah satunya sebagai referensi, maka yang perlu diperhatikan pastikan tarif yang ada di website ataupun aplikasi tersebut sudah di update sesuai harga update terakhir dari JNE. Supaya tidak ada selisih dalam menentukan tarif. Karena ada suatu pengalaman pada saat di counter JNE ada teman -teman yang mengeluhkan, kok beda tarif di internet dengan kenyataan di JNE. Hal ini bisa terjadi karena teman teman cek tarif di website tertentu dan ternyata harga yang tertera merupakan harga yang masih lama atau belum di update. Atau bisa jadi melakukan pengecekan di website resminya JNE tapi pada saat cek tarif tidak menginputkan detail kecamatannya hanya kota besarnya. Sehingga terjadi perbedaan harga.

Demikian artikel tentang Cara cek tarif pengiriman melalui jasa pengiriman JNE. Mudah - mudahan bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan kata kata yang baik dan sopan ya..:)